KOG Index

Jumat, 13 Agustus 2010

" Dana 1 Triliun Dapat membenahi Sistem Informasi Nasional "

Sistem Informasi Nasional di Negara kita, sudah dimulai sejak tahun 1997-an. Dan dana yang telah dikeluarkan pemerintah untuk membenahi SIN di negara kita ini cukup besar. Sekarang ini yang jadi pertanyaan, apakah dengan anggaran dana 1 triliun dapat membenahi SIN negara kita?

Pertanyaan yang cukup sulit untuk dijawab. Karena, dari yang sudah-sudah dana yang dikeluarkan pemerintah lebih dari 1 triliun untuk membenahi SIN negara Indonesia. Siapapun orang yang ditunjuk untuk membenahi SIN dengan dana yang minim (1 triliun), pasti kita akan stres memikirkannya. Akan tetapi, jika saya yang diberikan wewenang untuk membenahi SIN tersebut dengan dana yang minim, saya akan mencoba menerapkan beberapa langkah awal demi kemajuan SIN di Negara kita.

Pertama adalah Pemerataan Jaringan Internet di Seluruh Indonesia.
Mengapa demikian, karena menurut saya internet adalah suatu kebutuhan yang harganya relatif mahal. Akan tetapi, jika dilihat dari sisi fungsi, masyarakat kita sangat perlu keberadaan internet. Karena dengan adanya internet, kita bisa mengetahui segala sesuatu perkembangan yang terjadi di dunia. Selain itu, kita juga dapat memperoleh informasi penting lainnya. Dengan kata lain, internet dapat memperluas (up to date) wawasan kita dari sisi yang positif. Maka dari itu, saya ingin sekali meratakan keberadaan internet khususnya di daerah pelosok. Karena, perekonomian masyarakat daerah sangat kecil. Itulah salah satu faktor penghambat kemajuan pengetahuan tentang internet bagi masyarakat daerah.

Kedua adalah Pengadaan Training.
Mengapa demikian, karena yang telah kita tahu masih banyak orang yang belum mengetahui dasar-dasar dari pengoprasian komputer. Fakta yang ada, kebanyakan orang hanya bisa mengoprasikan aplikasi web-browser dari pada aplikasi lainnya. Hal ini terjadi karena kurangnya pendidikan tentang Komuputer di daerah-daerah terpencil. Oleh kerena itu, saya ingin mengadakan training di daerah-daerah terpencil untuk mempelajari dasar-dasar komputer seperti aplikasi microsft office. aplikasi tersebut sangat penting didunia kerja manapun. Selanjutnya, mengadakan training berdasrkan minat dari masyarakat tentang komputer.

Ketiga adalah Menyeleksi Orang yang Berkualitas untuk Membenahi SIN Negara RI.
Ini adalah tahap terakhir dimana saya akan mencoba menyeleksi orang-orang yang berkualitas guna membenahi SIN. Setelah saya mendapatkan orang-orang tersebut, saya akan membuat kelompok kecil untuk menyusun langkah-langkah selanjutnya. Salah satu contoh, Negara Indonesia adalah negara yang memiliki suku bangsa yang berbeda. Misalnya, bahasa daerah adalah ciri utama yang membedakan suku bangsa tersebut. Oleh karena itu, saya ingin membuat suatu aplikasi dimana aplikasi tersebut adalah KAMUS BAHASA INDONESIA - BAHASA DAERAH. Kamus ini dapat membantu masyarakat kita untuk memahami bahasa-bahasa daerah yang ada sekaligus membantu masyarakat untuk berkomunikasi antar suku bangsa yang satu dengan suku bangsa yang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please your comment...