KOG Index

Rabu, 11 Agustus 2010

" Keberadaan Software Freeware "

Pada umumnya, masyarakat di seluruh dunia tentu sudah tahu apa itu freeware...

Freeware itu adalah software yang di distribusikan secara gratis oleh penciptanya. Biasanya, penyebarannya itu melalui internet. jadi, siapa saja yang membutuhkan, hanya dengan searching di internet, lalu mendownloadnya, kita bisa langsung menggunakan software freeware tersebut. Akan tetapi, tidak hanya software aplikasi saja yang termasuk dalam freeware. Ada yang berupa dokumen ( E-Book ) dan ada juga yang berupa source code.

Dengan keberadaan freeware, ini memudahkan para user untuk melakukan sesuatu dalam tugasnya di bidang IT. Dimana user tersebut tidak perlu mengeluarkan uang banyak untuk membeli produk dan lisensi produk tersebut. Bila kita menimbang, memang tidak adil bagi para pembuat software yang memiliki lisensi, karena produk mereka tidak habis terjual. Akan tetapi, freeware yang tersebar di internet, memiliki batasan-batasan dalam penggunaannya. Dimana berdasarkan statusnya yang gratis, software tersebut tidak dapat diperjualbelikan atau di rentalkan demi meraih keuntungan.

Salah satu contoh software yang baru keluar untuk pendidikan sekolah dasar sampai sekolah menengah atas, telah diciptakan software SchoolOffline untuk mempelajari tentang internet tanpa ada jaringan internet. Dengan adanya software ini, para siswa dapat mengetahui cara mengaplikasikan wikipedia, google search, dan yang lainnya. Dimana siswa bisa memahami dunia maya tanpa ada hambatan yang negatif. Misalnya, bila dalam pelajaran terdapat koneksi internet, bisa saja siswa tidak belajar dengan sungguh. Melainkan membuka situs-situs pornografi.

Dari contoh di atas, software tersebut diciptakan oleh penciptanya untuk membantu dalam dunia pendidikan secara gratis. Akan tetapi, bisa saja ada beberapa oknum yang memperjualbelikan software tersebut demi meraih keuntungan. Padahal software tersebut didistribusikan secara gratis. Hal ini telah melanggar batasan-batasan keberadaan Freeware di dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Please your comment...