KOG Index

Jumat, 09 Juli 2010

"Perkiraan Perkembangan IT di Masa Depan"

Apakah diantara kalian ada yang mengetahui bagaimana perkembangan dunia IT di masa yang akan datang??? Siapapun bila diberikan pertanyaan seperti ini akan sulit untuk menjawab. Akan tetapi, kita bisa mereka-reka perubahan apa yang akan terjadi...

Menurut saya, perkembangan IT dimasa akan datang pasti akan lebih canggih dari sekarang ini. Misalnya robot pembantu rumah tangga. Sekarang ini, di luar negeri seperti jepang atau jerman dan yang lainnya, sudah ada yang memiliki robot tersebut guna membantu pekerjaan rumah tangga. Akan tetapi, bila ditinjau lebih jauh robot pembantu rumah tangga dapat membahayakan majikannya.
Salah satu kasus, Sekelompok peneliti di Jerman mempelajari apa yang terjadi dalam kasus-kasus kecelakaan yang melibatkan robot menggunakan benda-benda tajam di sekitar manusia. Mereka menggunakan sebuah tangan robot yang memegang beragam alat tajam yang diprogram untuk berbenturan dengan obyek eksperimen seperti tangan manusia yang dibuat dari silikon. Dalam sejumlah kasus para peneliti menemukan bahwa tangan robot itu beberapa kali secara tidak sengaja "melukai" obyek tangan silikon dan kaki babi dengan potensi "mematikan".


Contoh kasus lain, desain kendaraan masa depan dari pabrikan Peugeot, Perancis. Berangkat dari kebutuhan kendaraan ramah energi dan makin terbatasnya lahan parkir kota besar di masa depan maka diciptakanlah konsep mobil unik ini. Kalau Anda pernah lihat film Minority Report-nya Tom Cruise, mungkin Anda tidak akan asing lagi. Kendaraan masa depan ini bisa dioperasikan dalam dua mode: pertama sebagai mobil listrik bertenaga baterai sekaligus sebagai balkon! Mobil ini bisa merayap dan memanjat di dinding bangunan dan parkir tepat di depan jendela apartemen Anda. Hal ini merupakan solusi atas makin terbatasnya lahan parkir di masa depan seiring dengan makin crowded-nya kota besar.



Bedasarkan dua contoh kasus di atas, perkembangan IT di masa depan sangatlah menarik. Tetapi, di sisi lain perkembangan tersebut dapat membuat gaya hidupmasyarakat kita ini (masyarakat Indonesia) menjadi lebih ketergantungan terhadap teknologi yang mampu mencukupi kebutuhan mereka.

4 komentar:

  1. jadi menurut anda, membawa dampak baik kah perkembangan TI ini??kalau menimbuklan bahaya buat apa di kembangkan??

    BalasHapus
  2. menurut saya, setiap perkembangan apapun itu, memiliki dampak yang positif dan negatif. Tergantung kita menyikapinya.
    Dan, resiko dari setiap perkembangan itu sendiri dapat di setting sesuai pengalaman. misalnya, peneliti mencoba meneliti kembali hasil kembangannya dimana benda yang telah dikembangkan tersebut sudah terlihat besarnya resiko yang telah dihasilkan.
    thank's..

    BalasHapus
  3. bagaimana jikalau suatu hari kelak manusia akan menjadi sangat kecanduan dengan yang namanya teknologi buatan mereka ??

    BalasHapus
  4. Tidak dapat di pungkiri, dengan adanya kemajuan teknologi masyarakat dunia mungkin akan ketergantungan akan kemajuan tersebut. Akan tetapi, menurut saya tidak semua hal. misalnya dalam hal pekerjaan yang sifatnya rahasia. tidak mungkin kita mengandalkan kemajuan teknologi seperti robot pembantu untuk menyelesaikannya.
    Thanks

    [PhacenkQioetink]

    BalasHapus

Please your comment...